Kubah Masjid Babussalam Sabang

Kota Sabang, merupakan nama kota yang begitu terkenal di telinga kita sejak masih duduk dibangku sekolah, nama kota ini sering muncul dalam salah satu lagu nasional. Kota Sabang ini merupakan sebuah kota yang berada tepat di Pulau Weh yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, dan tempat ini juga dikenal sebagai kota yang paling berada di ujung barat yang ada Indonesia dan ditandai dengan tugu Nol Kilometer di atas sebuah bukit di kota ini.

Meskipun sebenarnya pulau Weh dan kota Sabang ini bukan merupakan pulau yang paling barat yang ada di Indonesia, namun masih terdapat sebuah Pulau Rondo yang letaknya sangat terpencil sendirian di barat laut pulau Sumatera berbatasan laut langsung dengan gugus kepulauan Andaman & Nicobar milik India.

Kubah Masjid Babussalam Sabang

Namun karena pulau Rondo muka buminya berupa pulau karang berdinding terjal dan tak berpenghuni, pemerintah Republik Indonesia kemudian menempatkan titik nol Indonesia di Pulau Weh tepatnya di kota Sabang. Pulau Rondo sendiri senantiasa dipantau oleh armada TNI Angkatan Laut.


Kota Sabang ini sudah sejak lama memiliki sebuah Masjid Agung yang bernama Masjid Agung Babussalam, yang mana secara geografis letak masjid megah ini berada di pusat kota Sabang dan berdekatan langsung dengan bangunan sebuah Gereja.


Masjid Babussalam ini merupakan masjid yang pada awalnya hanyalah sebuah Masjid kecil yang terletak di kota Sabang. Namun, seiring dengan pertumbuhan kebutuhan masyarakat terhadap sebuah bangunan masjid dan juga keinginan para umat muslim di sana yang sangat menginginkan adanya bangunan rumah ibadah yang suci dan juga indah, maka dibangunlah sebuah Masjid Agung Sabang ini dengan arsitektur yang begitu megah seperti saat ini.

Masjid Agung Babussalam pada zaman sekarang ini pun sering sekali menggelar berbagai macam aktivitas yang syarat akan kekentalan keagamaan setiap tahunya, seperti halnya acara Maulid Nabi, Musabaqah dan berbagai macam kegiatan yang tentunya bernuansa Islami.

Kubah Masjid Babussalam Sabang


Sebuah Bangunan tambahan ini juga diberikan dan mulai didirikan di atas lahan yang sebelumnya merupakan ruas jalan alun alun barat yang tempatnya berada persis di depan masjid.


Bangunan tambahan ini juga dilengkapi dengan sepasang menara yang mana mempunyai tinggi mencapai 99 meter,namun kemudian dikurangi menjadi hanya 91 meter saja, hal ini dikarenakan adanya masalah sistematis terkait dengan keselamatan penerbangan yang terjadi di Kota Sabang

Masjid Agung Babussalam yang berada tepat di pusat Kota Sabang ini dibangun dengan sentuhan Arsitektur Usmaniyah (Turki) yang mana sangat kental dengan budaya semi Eropa. Bangunannya ini cukup besar dan sangat tinggi terlihat begitu megah dengan bagian dinding tembok yang massif.


Terdapat Empat buah menara kekar yang berdiri kokoh di keempat penjuru masjid, dan satu kubah besar yang bertengger di bagian atap masjid. Masjid ini pun juga dilengkapi dengan sebuah area bermain berupa taman yang cukup luas dengan fasilitas halaman parkir yang luas juga,dan juga terdapat sebuah pelataran yang cukup luas yang berada di seluruh permukaan masjid ini,dan ditutup dengan keramik lantai dengan pola berupa gambar bintang yang sangat indah.


Satu satunya sebuah perubahan yang mana sempat terjadi pada bangunan lama adalah perubahan pada bagian bentuk atap masjid dari bentuk atap limas lalu diganti bentuk atap dengan tambahan berupa kubah besar setengah bola berdiameter 30 meter sekaligus menjadikan kubah utama.


Sepintas,anda akan menemukan sebuah kemiripan antara masjid Agung Kota Sabang ini dengan beberapa masjid yang tentunya sangat terkenal di Indonesia lainnya seperti Masjid Agung At-Tien di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur ataupun Masjid di Kompleks Islamic Center Jakarta, di Jakarta Utara, ataupun Masjid Al-Markaz Al-Islami di Kota Makasar, Sulawesi Selatan.


Keindahan masjid ini juga sedikit menambah pesona pulau Weh yang mana pulau tersebut sangat terkenal dan kaya dengan biota lautnya yang cantik dan indah. Kehadiran masjid ini juga dapat menjadi salah satu penanda adanya kota tersebut.

Pulau Weh ini juga memiliki panorama dan juga objek wisata yang cukup lengkap selain pesona alam bawah laut, pulau ini juga memiliki berbagai macam objek wisata air terjun, pantai dengan pasir yang putih, pulau-pulau dengan lautan yang jernih, gunung berapi, kolam air panas, wisata religi dimana peninggalan-peninggalan asarama haji dan makam 44 aulia di Kota Sabang.


Seiring perkembangan zaman, kebanyakan masyarakat Di Kota Sabang ini telah menjadikan masjid agung Babussalam ini sebagai pusat kegiatan keagamaan islam yang cukup pesat yang mana nantinya akan melibatkan banyak sekali acara keagamaan seperti halnya pengajian, peAgungan Muludan, Rajaban atau peringatan hari besar Islam lain dan juga bahkan digunakan sebagai tempat dilangsungkan akad nikah.

Sehingga pada tahun 1900 untuk melengkapi adanya rombakan dan juga perubahan,maka dilakukan dengan sangat cepat,seperti contoh saja dalam hal pembuatan mihrab dan pawestren (teras di samping kiri dan kanan).
Pada tahun 2016 silam pernah terjadi sebuah perombakan kembali yang mana dilakukan dengan cara membangun sebuah pendopo.

Sebagai teras masjid serta pembangunan dua buah menara pada kiri dan kanan bangunan dengan puncak menara yang berbentuk persis seperti bentuk atap masjid sehingga semakin mempercantik tampilan masjid. Konon bentuk seperti ini merupakan bentuk terakhir Masjid Agung Babussalam dengan kekhasan atap berbentuk kerucut silinder.


Selain itu bagian sisi menara sebelah kiri dan juga kanan masjid serta sedikit tambahan bangunan pawestren yakni bagian teras depan dibongkar secara total sehingga ruangan masjid hanyalah sebuah ruangan besar dengan halaman masjid yang sangat sempit.

Keberadaan Masjid Agung Babussalam yang baru waktu itu sempat digunakan untuk ibadah shalat bagi para tamu dan peserta acara MTQ Kota Sabang yang terjadi tahun 2017.


Model Bangunan masjid agung babussalam untuk sekarang ini memang tampak indah nan elegan,dan dengan hal semacam ini tak heran jika masjid agung babussalam ini memang sangat khas dan menjadi salah satu destinasi wisata religi khusus nya di Kota Babussalam,Masjid nampak megah dari berbagai sisi arsitekturnya,yang mana hal ini diungkapkan salah satu takmir masjid agung babussalam.


Setelah mengalami beberapa kali renovasi atau pemugaran baik bagian dalam masjid maupun luar masjid, akhirnya anda akan melihat bahwa masjid Agung Babussalam ini memang sangat luar biasa indahnya dan merupakan tempat ibadah yang nyaman.


Masjid agung Babussalam ini merupakan Tempat ibadah yang selalu ramai dikunjungi oleh umat muslim setiap harinya, baik yang mau melaksanakan ibadah sholat 5 waktu atau menghadiri berbagai acara kajian islam dan juga acara yang lainnya, dan tak hanya warga Babussalam saja namun juga oleh wisatawan dari luar Kota Babussalam maupun wisatawan mancanegara.
Masjid agung Babussalam ini juga mempunyai lokasi yang sangat strategis, menjadikan masjid Agung Babussalam ini mudah diakses oleh anda dari segala penjuru kota Babussalam. Dan jika anda mencari tempat ibadah untuk sholat sekaligus bersantai sejenak dengan suasana yang nyaman dan sejuk

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>